Munakahat Dipandang dari Segi Biologi






Mengapa urin dijadikan sebagai indikator dalam tes kehamilan menggunakan  test pack?
Jawab : 
Pada saat ovum telah dibuahi oleh sperma (fase zygot), zygot akan mengalami penebalan pada dinding luar yang akan digunakan untuk melekatkan diri pada rahim dengan kuat dan akan menjadi plasenta. Di dalam dinding luar yang mengalami penebalan tersebut terkandung berbagai macam hormon termasuk hormon β-HCG. Hormon ini muncul pada saat masa awal kehamilan sampai usia kehamilan sekitar 3 bulan. Seperti yang kita tahu bahwa hormon mengalir melalui darah ke seluruh tubuh kita dan pastinya darah akan memasuki tahap filtrasi di ginjal untuk menyaring zat-zat yang tidak berguna lagi untuk dibuang bersama urin, termasuk hormon β-HCG. Oleh karena itu, tes kehamilan dapat dilakukan dengan tes urin saja, tanpa harus tes darah meskipun cara tersebut bisa dilakukan namun tidak praktis dan tidak efisien.



Apakah penggunaan antiseptik untuk kebersihan vagina diperbolehkan?
Jawab :
Penggunaan antiseptik untuk tujuan dari segi patologi diperbolehkan, misalnya keputihan. Namun, jika penggunaan antiseptik tersebut dimaksudkan untuk penggunaan rutin setiap hari, hal tersebut tidak dianjurkan karena antiseptik tersebut dapat membunuh kuman-kuman positif pada vagina sehingga pH pada vagina tidak stabil.



Apakah Anda merasakan nyeri pada saat datang bulan?
Jawab :
Nyeri pada saat datang bulan (Dysmenorrhea) disebabkan oleh kontraksi otot-otot di sekitar vagina karena kekurangan kadar oksigen. Hal ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zink seperti hati ayam sebagai penambah darah.


Apakah ASI sisa dapat menyebabkan kanker payudara?
Jawab :
Kadar ASI di dalam payudara disesuaikan dengan kebutuhan si bayi. Kadar ASI paling banyak dimulai setelah kelahiran bayi dan sampai 6-7 bulan ke depan (masa ASI eksusif). Setelah 2 tahun menyusui (dianjurkan), maka kadar ASI akan semakin berkurang di dalam kelenjar susu, sehingga akan tersisa sedikit dan akan diserap oleh jaringan di sekelilingnya, sehingga jika ASI masih tersisa di payudara tidak perlu dikhawatirkan. Lagipula jarang sekali kasus kanker payudara dikarenakan sisa ASI yang mengeras di dalam kelenjar susu. Namun, perlu dikhawatirkan jika setelah 6 bulan menyusui, padahal kadar ASI masih banyak di dalam payudara, dan langsung menyapih si bayi dengan tidak menyusui lagi maka kemungkinan akan terjadi masalah pada payudara.


Apakah benar bulu kucing dapat menyebabkan kemandulan?
Jawab:
Kemungkinan Toxoplasma mengenai bulu kucing ada. Jika kita sampai menghirup bulu kucing yang terkena Toxoplasma, maka Toxoplasma akan mengganggu calon janin di dalam rahim. Jika kemungkinan sudah ada pembuahan, maka zygot susah untuk menempel erat di dalam rahim atau malah langsung lolos/gugur begitu saja. Jika kemungkinan dapat tumbuh beberapa minggu, maka bisa juga mengalami cacat. Oleh karena itu, perlu kita memerikasa kehamilan dengan rutin.


Apakah tanda-tanda kemandulan?
Jawab :
Tanda-tanda kemandulan itu baru dapat muncul setelah menikah. Jika selama 6 bulan setelah berhubungan, tapi tidak juga memiliki anak, perlu dikonsultasikan ke dokter. Masa ini disebut kemandulan primer.


Kemana sperma yang gugur mencapai ovum pergi?
Jawab :
Sperma tersebut akan terbuang bersamaan dengan cairan keputihan.


Kapan masa kesuburan itu?
Jawab :
Masa subur adalah seminggu sebelum haid dan seminggu setelah haid. 

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Ranting dan Ketidaksempurnaan

The Journeys in 2017

Opini Tentang Depresi