WMI #3 (Wajah Muslim Indonesia)




(Duh lagi males pake B.Ing, pake B. Indonesia aja ah kali ini. Versi B.Ing nanti aja kalo inget, hahha..)






WMI chapter 3 kali ini mempersembahkan sebuah tema "Temukan Inspirasi dan Motivasi dalam Dunia Edukasi". Kegiatan yang berlangsung selama  3 hari ini menghadirkan seminar dengan topic yang berbeda-beda namun tetap dalam koridor pendidikan. Dalam acara ini hadir beberapa tokoh pembicara terkenal seperti pengarang novel “5 Menara” Ahmad Fuadi dan hadir pula Taufik Ismail dengan puisinya yang sangat menyentuh. Peserta yang hadir tidak hanya mahasiswa UI sendiri, namun ada juga yang hadir sebagai peserta umum, dan perwakilan dari universitas seperti ITB dan IPB. Mereka menginap lho
untuk menghadiri acara WMI ini. (Bukan menginap di lokasi acara lah, ada beberapa tempat yang disediakan oleh panitia Humas sebagai tempat penginapan). 

WMI in DAY 1 (Senin, 12 Juli 2010)
Rundown hari ini :
Lokasi : Auditorium Gedung M FISIP UI
Waktu : 12.30-15.30 WIB
Seminar “Filosofi Pendidikan dalam Islam” dengan pembicara Prof. Arief Rachman (Pakar Pendidikan)
Hari pertama acara WMI dilaksanakan di Auditorium Gedung M FISIP UI menghadirkan sosok guru besar UNJ, Arief Rahman, yang sangat bersemangat dalam menyampaikan materi. Eiitss, jangan salah, ini bukan kuliah umum lho. Hanya sekedar outline dari materi yang ia sampaikan karena meskipun cakupannya ilmu sosial, tapi outline dan penjelasan Pak Arief sangat bermanfaat lho buat kita yang terkadang lupa dengan management diri sendiri. Gaya bicara Pak Arief yang bersemangat dan dengan kalimat yang ringan namun "mengena" membuat peserta merasa sangat antusias dengan topik yang dibawakan Pak Arif. 

Acara hari ini ditutup oleh persembahan dari Yabim DD yang menampilkan permainan instrument musik dengan barang-barang bekas, seperti botol dan gentong bekas. Permainan mereka sangat bagus. 
**Ini belum selesai lho, bacanya sambung lagi ya ke ringkasan “WMI in Day 2” yaa...


WMI in DAY 2 (Selasa, 13 Juli 2010)

Rundown acara hari kedua adalah :
Lokasi : Auditorium Gedung IX FIB UI
Waktu : 09.00-15.30 WIB
SESI 1 : Talkshow “Potret Pendidikan Masa Kini” bersama Prof.dr.Fasli Jalal.Ph.D (Wakil Menteri Pendidikan RI) dan Dr. Adian Husaini (Ketua Dewan Dakwah Islam indonesia)
SESI 2 : Seminar “Adopsi Nilai-Nilai Islam dalam Dunia Edukasi” dengan pembicara Drs. Slamet Effendi Yusuf M.Si (PBNU), Fahmi Alaydrus, S.Psi., M.Ed (Pembina Yayasan Nurul Fikri), Neno Warisman (Budayawan), dan Asma Nadia (Penulis)

Seperti yang dilihat di atas, lokasi pindah ke Gedung IX FIB UI dan hari ini ada dua sesi lho. Pembicaranya keren-keren kan? Pesertanya pun sampai duduk di balkon paling belakang karena saking ramenya. Aku gak bisa menangkap isi pembicaraan karena hari ini sibuk banget dengan tugas sendiri.

Acara hari ini ditutup dengan persembahan dari Arumba UI yang dibawakan oleh orang-orang Jepang! Hebat lho mereka bisa memainkan alat musik Indonesia seperti angklung, dll. Arumba memainkan beberapa lagu Indonesia dan beberapa lagu hymne dengan alat-alat musik tradisional kita. Keren banget deh mereka. 


WMI in Day 3 (Rabu, 14 Juli 2010)

Rundown acara hari kedua adalah :
Lokasi : Auditorium Gedung IX FIB UI
Waktu : 09.00-15.30 WIB
SESI 1 :Seminar “ Budaya Pendidikan pada Zaman Kejayaan Islam” dengan pembicara Dr. Hamid Fahmi Zarkasyi (Direktur INSIST) dan moderator Shofwan Albanna (mapres nasional 2006)
SESI 2 : Talk Show “Prestasi Muslim indonesia” bersama Ahmad Fuadi ( Penulis Novel Negeri 5 Menara) dan Prof. Yunus Daud (Dosen FMIPA UI)
Hari ketiga juga ada 2 sesi lho. Pesertanya makin banyak, gak hanya memenuhi balkon paling atas, namun juga sampai ke tangga-tangga! Hebat. Hari ini masih juga sibuk dan tambah sibuk, jadi aku gak sempet menangkap isi pembicaraan. Satu hal yang aku bisa tangkap sepintas dari ucapan Ahmad Fuadi—sebelum Silvy minta ojekin lagi ke pocin, hhe—adalah bahwa setiap kita bangun pagi ada baiknya kita persiapkan dulu apa yang ingin kita lakukan hari ini, tujuan hari ini apa, dan mantapkan hati dengan ketetapan itu. Hal ini penting karena kalau kita bangun hari ini tanpa tujuan, kita akan menjadi malas beraktivitas karena kita bingung hari ini mau apa. Wah, benar-benar keren deh yang satu ini.

Hari ini juga tampil Taufik Ismail dengan puisinya yang sangat menyentuh hati dan sangat tepat dengan kondisi saat ini. Pak Taufik sedikit menyinggung juga lho masalah video Ariel-Luna-Cut Tari. Dan yang paling menyentuh adalah saat Pak Taufik Ismail menitikkan air mata sambil mengatakan (kiranya seperti ini) : “Generasi saya adalah generasi yang gagal. Pejabat korupsi. Jangan jadi seperti generasi saya.” Sedih banget kan dengernya??

Begitulah rangkaian acara WMI #3 yang ditutup dengan penampilan Taufik Ismail tersebut dan doorprize yang gak disangka-sangka ada di bawah salah satu kursi di ruangan Auditorium! Wah, selamat bagi para pemenang doorprize! Doorprize-nya keren-keren lho, ada Flash Disk 4 GB dan Novel “5 Menara”. Selain itu, diumumkan juga pemenang lomba-lomba di WMI #3 kali ini, yaitu lomba essay, lomba fotografi, dan lomba karikatur. Semua karya foto dan kaligrafi yang ikut serta dalam lomba ini dipamerkan di depan ruang auditorium. Bagus-bagus lho karya mereka. Pemenang lomba ada yang berasal dari luar daerah lho, wah semarak WMI #3 memang benar-benar keren. Pesan-kesan peserta dan panitia tak lupa ditulis di banner kosong yang digelar di depan auditorium. 

Di paling atas ada sedikit foto-foto dari HP pribadi yang ga bisa muat banyak foto, hha, maklum. 
Mungkin anak Humas punya banyak tuh, sampai video ada juga, hhe. Nanti duh tunggu video dari temen. Tunggu di postingan nanti yaa...


Comments

Popular posts from this blog

The Journeys in 2017

Kisah Ranting dan Ketidaksempurnaan

Opini Tentang Depresi