Thifan Putri Gading


Teman-teman (pkai bahasa ibu kali ini) saya ingin memperkenalkan beladiri yang baru saya ikuti di UI dan mungkin masih jarang didengar--relatif--yaitu Thifan. Bagi kawan-kawan yang sedang berkuliah di Universitas Indonesia (hhe, bukan bermaksud mentang-mentang aku di UI jg) mungkin sudah ada yang pernah mendengar dengan beladiri khusus muslimah ini. Tenang, untuk ikhwan juga ada, tapi tentu saja dipisah dari akhwat. Untuk akhwat namanya Thifan Putri Gading. Di UI dilaksanakan setiap hari Senin dan Sabtu pukul 16.00 WIB. Ayo teman-teman kita ikuti pola hidup sehat. Tubuh kita juga memiliki hak untuk menjadi sehat lho.. 


Gambar di atas berasal dari sumber juga. Tapi memang seragamnya seperti itu.


"Apa sih Thifan itu?"
Berikut saya akan memberikan sedikit informasi yang saya dapatkan dari sumber lain mengenai apa Thifan itu. Tapi saya akan mengkhususkan untuk menjelas Thifan Putri Gading karena says seorang akhwat tentunya. Thifan untuk ikhwan dan akhwat berinduk dari Thifan Tsufuk, yaitu merupakan hasil perpaduan beragam aliran beladiri yang ada di dataran Seljuk sampai daratan China. Pada zaman itu, upaya menghimpun jurus2 ini dilakukan oleh seorang bangsawan suku Tayli Muslim bernama Je'nan. Bersama dengan para pendekar Muslim lain mereka mebuat sebuah aliran bernama Shurul Khan. Dari Shurul Khan ini terpecahlah menjadi 9 aliran baru, lalu dari sini dengan berbagai gubahan, tempa'an, pilahan, dan penelitian terbentuklah jurus-jurus yang baru yaitu Thifan.

Thifan Putri Gading adalah beladiri kungfu khusus muslimah, berinduk pada organisasi Thifan Tsufuk pimpinan Ust.Habiburrahman, MBA.

Dalam sebuah hadits diriwayatkan bahwanya pakaian dan gerakkan bela diri wanita tidak boleh bertasyabuh dengan kaum laki-laki.
"Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Sulaiman Luwain -dan sebagiannya dengan cara dibacakan kepadanya- dari Sufyan dari Ibnu Juraij dari Ibnu Abu Mulaikah ia berkata, "Dikatakan kepada 'Aisyah radliallahu 'anhu, "Bagaimana dengan wanita yang memakai sandal?" ia menjawab, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melaknat wanita-wanita yang menyerupai laki-laki." (Sunan Abu Daud, Kitab : Pakaian Bab : Pakaian wanita. No. Hadist : 3576)

"Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah ...." (Al-Anfal: 60)

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 'Orang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah Subhanahu wa Ta 'ala daripada orang mukmin yang lemah. (Shahih Muslim ,Kitab : Takdir, Bab : Perintah untuk kuat dan tidak lemah, No. Hadist : 4816 )

 Ayo ikut Thifan !! 


Sumber : http://putrithifan.multiply.com/

Comments

  1. Hmmm..Baru denger aku, dan baru aja googling apa itu thifan...

    Kayaknya dibengkulu gak begitu terdengar, ato bahkan belum ada nih,

    salam kenal ya,
    maaf nyasar kesini gak bilang2,, hhehehe...

    ReplyDelete
  2. iya, salam kenal juga :)
    di jakarta sendiri jg masih baru kok dan masih jarang terdengar.
    wktu itu saya ikut thifan pun krn rekomendasi dr teman di kampus

    ReplyDelete

Post a Comment

what do you think?

Popular posts from this blog

Kisah Ranting dan Ketidaksempurnaan

The Journeys in 2017

Back To My 90's Favourite Songs