Ujian Praktikum Ilmu Ukur Tanah

Asisteen 
Hari ini waktunya praktikum Ilmu Ukur Tanah, bisa dikatakan praktikum terakhir banget dengan asisten. Tapi kali ini asisten ujian praktikum kelompok aku adalah Kak Ardi 07.



Persiapan ... 

Setelah asisten hinggap di masing-masing kelompok, kita siap-siap nih bawa peralatan : seperangkat Theodolit di box orange besar, Rambu dengan sarung kuning, dan statif. Lokasinya di lapangan rumput GK.  Agak takut, tapi gak deg-deg an sih. Ntar buyar malah. Penilaian dimulai dari mendirikan theodolit. Waktunya hanya 5 menit. Sebelum ada aba-aba dari koordinator asisten ujian praktikum, gak boleh mulai dulu. Jadi harus serentak berbarengan dengan kelompok lain.

 Patok sudah dipasang, nah kali ini gak bisa kayak praktikum biasanya. Biasanya tuh "ngakalin", hha, jadi pasang theodolit dulu baru pasang patok searah dengan unting-unting, wahahaha. Tapi sekarang, pasang theodolitnya dulu, kan asistennya beda, jadi gak bisa "kekeluargaan" dikit lah, hahaha, husss, profesionalisme gak bisa disatuin dengan kekeluargaan >> kutipan dari eksplor MPM >> mantappp. Emang bener sih, huss, topiknya beda sekarang. Tapi emang asisten "asli" gue nyantai sih, jadi yah selama lo emang udah ngerti konsepnya, yaudah. 


Saat Praktikum ...
Farid ngeluarin theodolit, aku mulai memasang statif, dan Vani nyiapin rambu. Wow, amazing, kelompok aku gak sampai 3 menit mendirikan theodolit, assiikk euy, plus dari teropong bawah udah kelihatan tuh patoknya, biasanya mah lumayan susah ngaturnya supaya keliatan. Alhamdulillah... Kata Kak Ardi : "Under Pressure soalnya ..." Hahaha, kemungkinan besar bener juga tuh Kak. Nah ujian praktikum kali ini adalah tentang Stake Out. Intinya adalah ketelitian dalam membaca rambu. Seperti pada sebagian langkah kerja praktikum Stake Out, jadi kita "meraba-raba" posisi rambu yang pas dari theodolit sebesar 5 m, 10 m, dan 15 m karena memang asistennya minta ukuran segitu. Jadi selisih BA dan BB harus 5, 10, dan 15 kan. Aku dapet tes yang 10 meter. BA=141 dan BB=131. Wah pas!! Duh tapi ragu, trus kata Kak Ardi setelah mengecek dari teropong theodolit, "Bener kok." Alhamdulillah... Hasil jarak sebenarnya (menggunakan meteran) adalah 9.87 m, sementara jarak optis harusnya kan 10 m. Bearti kesalahan relatifnya sekitar 1.3%. Berarti kelebihan 13 cm. Tapi, aku tetap bersyukur karena ada juga yang sampai salah hampir 1 meter. Alhamdulillah, dimudahkan oleh Allah. ^_^. 

Istirahat Dulu Ahh dan ...
Sambil menunggu waktunya tes presentasi praktikum IUT di Lab Transport Lt.4, aku bareng temen-temen yang lain menyiapkan materi untuk presentasi, yaahh paling benerin presentasi. Jam 1 sudah tiba dan saatnya ke lantai atap untuk presentasi, di ruangan, yang jelas, bukan di atap. :D Presentasi 10 menit, kalo lebih dari 10 menit minus 2 poin. Jadi banyak yang disuruh skip sama asisten pas lagi presentasi, yang penting dipresentasikan adalah data hasil pengamatan, cara mengolah data, dan logika dari hasil praktikum itu. Setelah semuanya selesai presentasi--aku bareng 4 kelompok--asisten mengajukan beberapa pertanyaan. Kelompok aku dapet sama asisten yang cuma nanya 3 pertanyaan dan itupun mudah untuk dijawab. Tapi yang lain perasaan banyak banget ditanya-tanyain, malah ada yang sampai detail banget. Mungkin emang presentasi kelompok aku udah cukup jelas, singkat padat, dan ada gambar hasil data karena emang kebanyakan data praktikum nanti akan bisa diolah dalam bentuk gambar, meski zzzzz ------

Semangkaaa !!
Pheww, selesai sudah praktikum, tinggal ujian tertulis praktikum Propma hari Rabu mendatang, semangat!!!
Rasa-rasanya, kok lebih sibuk di praktikum nya daripada di kelasnya dan lebih banyak dapat ilmu pas praktikum juga, tapi kenapa cuma 1 sks coba ???!! Balik aja, teori 1 sks, praktikum 2 sks, mantaappp!!
Semangat semangat, masih ada UAS, kesempatan terakhir menaikkan nilai di semester 3 ini, 
Sssemangkkkaaa!!
#duh jadi haus dengernya hha.
Masih ada hutang statika, Ya Allah permudahkan saya jalan saya untuk menemukan angka 0 di perletakan anak induk tanpa gaya, Aaamiiinn...
Selain statik, masih ada modul propma, iut yang disuruh kerjain soal uts ulang, regresi linier statprob, persiapan kuis Fisdas, dan tubes ICES !!

Comments

awhe said…
waa,,selamat ya pe,,ardi itu asisten praktikum gw lho,,bae banget lho dia..
arigatou .. :D
iya, kak Ardi pembawaannya sabar banget, trus kalo ngomong berasa ringan bgt,
asisten lo kyknya temen deketnya asisten gue jg whe,,

Popular posts from this blog

Opini Tentang Depresi

Back To My 90's Favourite Songs

Sarang In Ga Yo - Perhaps Love (Princess Hours OST) - Music Piano Sheet