Vrachtfiet : Becak Versi Belanda


Bersepeda adalah sesuatu yang menyenangkan dan menyehatkan bukan? Biasanya, masyarakat Indonesia dominan senang bersepeda di hari Sabtu atau Minggu untuk tujuan kesehatan. Namun, sebenarnya sepeda dapat dimanfaatkan lebih efisien lagi terutama untuk mengatasi kemacetan di Jakarta. Tentu saja, pengadaan fasilitas sepeda dalam kehidupan sehari-hari perlu dukungan pemerintah demi membuat pengguna sepeda merasa aman dan nyaman saat bersepeda.

Mari kita tengok sejenak sepeda elektrik yang digunakan di Belanda untuk tujuan komersial dan menjaga kelestarian lingkungan, yaitu : Vrachtfiet atau ’Cargo Bike’. Vrachtfiet ini adalah sebuah karya inovasi dari dua orang mahasiswa Delft University of Technology: Onno Sminia dan Louis Pierre Geerinckx. Mereka terinspirasi untuk membuat sebuah alat transportasi yang dapat memindahkan barang dalam jumlah cukup besar untuk penggunaan di dalam kota. Penggunaan Vrachtfiet selain menghemat ongkos kirim, Vrachtfiet ramah lingkungan karena sepeda ini didukung dengan sistem elektrik. Tidak ada emisi polusi udara dan suara yang dihasilkan dari Vrachtfiet ini.

Untuk melihat liputan video dari TVOne tentang Vrachtfiet ini dapat dilihat di :
http://video.vivanews.com/read/18881-inovasi-sepeda-belanda


Baterai yang digunakan pada Vrachtfiet terbuat dari lithium-ion batteries (36V-250W) yang dapat digunakan untuk 6 jam pemakaian dan dapat dilepas untuk dicas dengan AC outlet. Vrachtfiet berukuran 3.2 m (panjang) dan 1.1 m (lebar), didesain untuk dapat mengangkut beban seberat 400 kg. Cargo Bike ini dilengkapi dengan roda sepeda yang kuat dan kokoh. Pencahayaan didukung oleh lampu LED. Bahan material Cargo terbuat dari material komposit spesial yang dapat menghasilkan Cargo yang kuat, namun tetap ringan.

Vrachtfiet bersifat multifungsi, dapat mengangkut orang/barang tergantung dari tipe Vrachtfiet sendiri, seperti:
pick-up


cargo

after-scholl-care (BSO)/Antar-Jemput Anak Sekolah


people


Menarik banget ya? Dan tampaknya sepeda jenis ini sudah ada di Indonesia sejak dulu kala dan merupakan icon dari budaya Indonesia, yaitu Becak/Helicak. Namun, yang berbeda dari Vrachtfiet ini adalah adanya dukungan listrik sebagai energi utama. 

Semoga budaya bersepeda dapat menjadi budaya tersendiri di Indonesia :)

Untuk melihat liputan video dari TVOne tentang Vrachtfiet ini dapat dilihat di :
http://video.vivanews.com/read/18881-inovasi-sepeda-belanda


Comments

  1. pengen punya satuu..! :D
    ohiya, Ilma msh agak bingung. klo dia punya sumber tenaga sendiri, kenapa mesti dikayuh? :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dari video yang aku lihat,Vrachtfiets didukung elektrik untuk membawa barang dalam jumlah besar. Mungkin saat kargo kosong, untuk menghemat listrik dapat dikayuh seperti biasa.

      Delete

Post a Comment

what do you think?

Popular posts from this blog

Kisah Ranting dan Ketidaksempurnaan

The Journeys in 2017

Opini Tentang Depresi