Little Story in Lab Mektan

Ketika mulai ada matkul Stabilitas Lereng dan Investigasi Geoteknik Lanjut semester ini, mau gak mau harus sering ke lab mektan. Ada tenggang waktu sekitar 1 minggu dari awal masuk kuliah sampai ada tugas Stabler ini. Baru 1 minggu aja gak muncul-muncul di lab, udah di-sms sama Kak Kika (the only sista in Geotek 08) buat sering-sering ke lab. Ternyata ini adalah sesuatu hal yang positif. Menurut pengalaman angkatan Geotek 08, mereka gak punya pembimbing dari senior sama sekali. Semuanya serba sendiri tanpa ada pengarahan pengalaman dari angkatan sebelumnya. Nah mereka gak mau hal seperti itu terulang lagi buat Geotek 09. Akhirnya mereka berusaha ngajak-ngajak anak 09 buat sering-sering ke lab. Sebenernya udah ada niatan sih ke lab buat kenal-kenal dengan senior geotek lain. Tapi udah keburu di-sms duluan sama Kak Kika haha.

Begitu juga dengan Kak Manda. Saat gue memutuskan untuk memilik Geoteknik, gue sms deh ke beberapa senior Geotek 08 buat menanyakan serba-serbi tentang Geoteknik. Setiap kali ketemu dia, pasti hal pertama yang ditanya adalah "Gimana topik skripsinya? Ayo udah mau dikumpulin nih." Gila, gue yang jadi subjek aja masih mikir sedikit molor dulu sebelum tugas lain selesai, tapi si kakak ini udah ngebet banget supaya cepet punya topik. Sebelum masuk kuliah pun, si kakak satu ini udah sms ngingetin supaya cepet-cepet ketemu pembimbing yang diinginkan. 
Kalo gue jawab : "Gw rencana mau tentang lereng kak, perkuatan lereng." 
"Trus mau diapain?"
"Yaa diperkuat pake beberapa cara. Masih mikir cara yang sedikit inovatif deh."
"Coba deh lerengnya diberi variable gempa atau apa gitu. Aaah coba ayo ajuin nanti ketemu Pak Tom."
(lagi-lagi dia yang kebelet)

Sehari, dua hari, tiga hari, seminggu, dua minggu, yap makin sering nongkrong di lab mektan. Emang di ruangan asisten lab mektan itu sejuk banget, cocok buat ngerjain tugas. Memang bermanfaat banget: bisa konsultasi topik skripsi sebelum ketemu dosen, lowongan kerja, belajar software, atau kabar dosen haha, dan juga makanan!

You know what, di ruangan aslab ada sebuah kulkas yang isinya ternyata persediaan makan/minum aslab. Gue heran pertama kali saat beberapa senior berulang kali mengeluarkan sesuatu yang menggiurkan dari kulkas itu, entah sirup atau makanan. Ada aja yang masukin sesuatu di situ buat minum/makan bersama. Tema kemarin adalah sirup guava milkshake yang mengingatkan gue pada sirup zaman kecil dulu yang sering dicampur susu sama mama hehehe (my favourite one) :D Tema hari ini adalah cokelat chewy Cloud9. Dan kadang katanya PHD. Boleh lah senior yang nraktir, gue cukup mencicipi haha. 

Ada hal unik lain. Di lab ini ada beberapa komputer yang diinstal software geoteknik seperti GeoStudio, Plaxis, dan Midas (program terbaru tahun 2012) yang asli. Nah yang skripsinya pakai Midas, harus gantian nih pakai komputernya, dahsyat. Bayangan gue adalah ngerjain skripsi permodelan geoteknik dengan Midas semudah ngerjain skripsi permodelan struktur dengan SAP2000 yang dengan mudah mendapatkan bajakannya
-__-"

Oiya, one more. Hari ini ngeliat Kak Manda dan Kak Meizar baru pulang dari Bekasi buat ngurus proyeknya Pak Widjojo. Subhanallah, pasti seneng banget ya meskipun capek, tapi penuh pengalaman di lokasi. Pengen banget kayak mereka, ngebolang ke sana-sini. Sampai di lab, wangi parfumnya Kak Manda lebay banget, mana dia berdiri lama di sebelah bangku gue. Baru aja duduk, udah dipanggil buat briefing praktikum anak PI. Hal yang unik adalah mereka mesti ngomong bahasa Inggris karena ada yang gak bisa bahasa Indonesia! 

Entah kenapa, situasi seperti ini membuat gue merasa seperti berada bersama Angkatan 07 dulu: Very Welcome. Hal ini tentu saja mengubah sedikit pandangan gue untuk beberapa oknum yang gue anggap mengeksklusifkan diri mereka sendiri (you know lah) padahal gw udah berasa berusaha mengakrabkan diri. 

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Ranting dan Ketidaksempurnaan

The Journeys in 2017

Back To My 90's Favourite Songs