Sidang Seminar 14-01-2013

Hari ini sidang seminar. Saya sudah tiba di kampus jam 07.30 untuk bersiap menjadi notulensi Murni yang sidang jam 08.00. Jika datang sepagi ini rasanya jadi teringat dulu saat kelas Kalkulus dan Alin yang harus datang pagi. Alhamdulillah Departemen sudah buka. Saya langsung mengganti laporan seminar yang salah (di loker dosen) dengan yang baru. Murni belum terlihat, lantas saya menanyakan kabarnya lewat sms. Entah kenapa pagi ini rasanya berbeda. Mungkin karena akan sidang haha. Sampai saat itu saya tidak merasakan deg-deg an sama sekali, tapi sempat ikut kebingungan karena Murni mau sidang, sampai salah kirim sms haha. 

Murni pun datang dengan sedikit kejutan. Pak T pun tiba di Departemen (saat Murni ke warkom). Saya langsung memberikan laporan seminar revisi ke beliau. Akhirnya, saya dan Murni memutuskan untuk langsung ke ruang S.201 untuk melihat lokasi sidang dan mempersiapkan diri, sementara Pak T pergi ke ruangannya. Di S.201, Murni mulai latihan berbicara sendiri, sementara saya sibuk sendiri mengurus beberapa hal, seperti AC dan mouse Ary. Sesekali memberikan komentar kepada slide Murni. 

Pak T pun datang, menyusul kemudian Bu W, lalu yang paling ditunggu adalah Pak Wi, hehe. Murni semakin grogi, haha, yang bisa kulakukan hanya membuatnya tenang: "anggap saja ini presentasi biasa Munc." Yap, begitulah yang terjadi hari ini. Sidang seminar tidak berasa seperti sidang, tapi seperti presentasi biasa, karena saya ditonton oleh teman-teman sendiri dan lokasi sidang adalah di dalam kelas. Beberapa pertanyaan seputar deskripsi penelitian mulai diajukan dosen, saran-saran diberikan. Sebenarnya bukan saran to the point, tapi lebih kepada pertanyaan menggelitik dari dosen yang perlu dikaji lagi oleh kita. 

Presentasi Murni berjalan lancar, berlangsung sekitar 45 menit. Lalu berlanjut ke Vicki yang baru tiba saat Murni sedang presentasi. Vicki yang paling cepat sidang: 30 menit. Saya keluar ruangan sejenak untuk mempersiapkan diri sementara Vicki menjadi notulensi untuk Murni. Di luar ruangan, ternyata sudah ada William yang sedang latihan presentasi. Sejenak ngobrol dengan William mengenai presentasi Murni yang baru saja selesai. (BTW, di luar rumah sedang hujan saat mengetik posting ini. So sweet :D)

Setelah Vicki selesai, para dosen meminta waktu sejenak untuk menilai presentasi. Kami menunggu di luar ruangan. Setelah sekitar 10 menit, Pak T membuka pintu ruangan dan memanggil saya untuk sidang. Berkesan sekali dengan momen saat Pak T memanggil saya sidang, entah kenapa seperti ayah yang memanggil anaknya masuk haha, lebay. 

Deg-deg an gak ada, hampir terasa seperti presentasi proyek dimana saya siap untuk ditanya ini itu meskipun gak tahu akan bisa jawab atau tidak hahaha. Dengan lancar saya menyampaikan presentasi. Lalu berlanjut pada pertanyaan-pertanyaan dosen. Intinya adalah komentar Pak Wi : "Saya khawatir variabel-varibel kamu ini menyulitkan kamu nantinya." Memang variabel nya terlalu banyak dan harus disederhanakan kembali. 

Vicki bilang, ekspresi saya sempat berubah jadi kesal saat Pak D menanyai saya dengan pertanyaan yang "muter" aja. Padahal saat itu saya nggak kesel loh, tapi memang agak gregetan, sedikit, haha. Presentasi berlanjut ke William yang masih di luar ruangan. Pak Wi memanggil William. Aaah, coba itu saya yang dipanggil ... hahaha. William agak 'dicecer' dengan pertanyaan Pak D. Sampai dua kali Pak T mengatakan bahwa pertanyaan Pak D kelamaan dan sampai dua kali pula Pak Wi menerangkan simplisitas skripsi William yang sebenarnya hanya memodelkan ulang jurnal dengan mengubah variabel beban statis menjadi beban dinamis, that's it! Dan sidang nya William pun adalah yang paling lama. Aku dan Vicki setia menunggu menjadi notulensi. Sabar ya William :)

Daaaan, sesi foto-foto tidak lupa. Sesi foto-foto yang sidang hari ini, sesi foto anak-anak geotek 09, sesi foto cewek-cewek geotek, sesi foto ultah Tata. Hari ini yang sidang cukup banyak. 

Saat shalat Zuhur, saya bertemu Kak Manda di lantai 3. Saya selesai duluan, tapi ternyata ada sms kalo dia minta ditunggu karena mau ngobrol. Dia menanyakan sidang hari ini. Ternyata pertanyaan Pak D itu terulang lagi di semester ini. Katanya gak berubah semenjak 2007 (mungkin dari dulu emang). Saya ceritakan sidang hari ini seperti apa termasuk kasus William. Rencana untuk segera mengatur jadwal praktikum pun dia utarakan dan harus sudah direncanakan dari sekarang mengingat kuliah sudah mulai tanggal 13 Feb. Mau gak mau saya harus jadi asisten di semester 8 yang mana saya menolak menjadi asisten saat semester 7 ini dengan alasan kesehatan.

Dia menyarankan pula untuk segera mulai menyusun tindakan untuk skripsi (memulai permodelan) dari sekarang sebelum masuk kuliah karena akan banyak tugas di semester 8. Sehubungan pula dengan komputer Dewa yang cuma 1 di Lab sementara hampir semua skripsi kami mengenai permodelan, jadi harus diatur jadwal pergantiannya. Setidaknya, Murni pakai GeoSlope dan ternyata di komputer yang biasa dipakai laboran terdapat GeoSlope yang asli. Menurutnya, daripada gak beraktivitas saat liburan, lebih baik diisi dengan mulai permodelan. Yah boleh lah liburan seminggu, itu udah cukup, katanya. Hmm, ini akan menjadi PR saat liburan. Jika semester 7 saya cuma sesekali datang ke lab, mulai liburan ini saya akan mulai stay kontinu di lab In Shaa Allah. Huaaaa. Ingin rasanya menyentuh notulensi sidang hari ini, tapi mager banget 
>.< 

Tata datang dan menawarkan membagi kue ultahnya. Sebenernya tadi saya yang minta hehehe. Secepat kilat (lebay), aku dan Kak Manda langsung turun ke lab, ngambil piring hahaha. Giliran kue aja cepet (kata Tata).  Sebelum kembali ke Lantai 3 ngambil kue, saya say Hi dulu dengan orang-orang di Lab, hahaha, minta ditanyain sidang. Di sana ada Kak Kika, Kak Eva, Kak Andu, dan Mas Eko. Hari ini juga ketemu sama Babe dan Pak N. Senang sekali hari ini bisa ketemu warga lab dan berbagi cerita dan canda setelah hampir seminggu lebih gak ke lab. Bergegas ke Tata, lalu aku bagikan kue nya di lab buat dicolek-colek bersama sehubungan kue nya berbentuk bongkahan, bongkahan cheese cake :p 

Kegiatan dilanjutkan dengan mengejar tanda tangan dosen untuk proyek. Alhamdulillah sudah 3 tanda tangan yang didapat, tinggal 1 lagi dan ini yang paling susah. Semoga bisa dapet hari selasa atau rabu, aamiin. 
Demikianlah hari ini, alhamdulillah, sidang seminar sudah. Namun banyak PR yang muncul setelah sidang ini. Semangat! :D

Comments

  1. gue boleh 'ehem'-in postingan lo yg ini ga?
    jadi ceritanya sempet curhat ttg sidang dulu nih ke kakak itu??
    ehem..

    ReplyDelete
    Replies
    1. curhat? nggak kok.
      isinya menceritakan kembali kejadian pas sidang, gak ada opini gw kok. :)

      Delete
    2. yaa,apapunlah itu namanya..
      tapi mirip ama lagi curhat ke buku diary kan? menceritakan apa yg tadi terjadi di sidang,hhe..

      Delete
    3. beda whee -__-
      serius deh, gw cuma menceritakan dominan ttg William.
      kebanyakan ngebahas seputar semester 8 dan skripsi kok :)

      Delete

Post a Comment

what do you think?

Popular posts from this blog

Kisah Ranting dan Ketidaksempurnaan

The Journeys in 2017

Opini Tentang Depresi