Tips Menghafal Surat di Al-Qur'an

Sedikit berbagi mengenai cara menghafal surat-surat di Al-Quran.

Mungkin cara saya ini bukan cara yang terbaik dan baru terbatas pada kemampuan diri sendiri. Saya suka lagu-lagu korea yang bahkan saya tidak mengerti bagaimana cara melafalkannya, tapi saya bisa menyanyikannya. Apa artinya? Sesuatu yang diulang-ulang didengar tanpa sengaja melekat mudah menjadi sebuah memori tanpa membutuhkan usaha berlebih untuk menghafalnya. Mungkin kalian merasakan hal yang sama. Oleh karena itu, saya manfaatkan kemampuan itu untuk menghafal surat-surat di Al-Quran.

TIPS 1
Yang terpenting dalam menghafal adalah pengulangan. Saya punya software bagus (menurut saya) yang sangat membantu dalam menghafal, yaitu software Ayat. Software tersebut menawarkan fitur-fitur yang sangat membantu dalam menghafal surat, yaitu (yang paling penting) adalah fitur "pengulangan bacaan".

fitur pengulangan ayat

Selain itu, software ini juga menyajikan beberapa murottal. Kita bisa memilih murottal favorit kita (kalo ada hehe). Kalo saya suka Saad Al-Ghamdi. Sayangnya gak ada Ziyad Patel :( Pemilihan murottal favorit ini sangat penting karena pengulangan ayat nanti tidak akan menjadi hal yang membosankan (maaf) karena kita mendengar ayat Al-Quran dilantunkan oleh suara yang kita suka. Saat pertama kali mengunduh software ini, pastikan dulu murottal yang ingin dipilih karena semakin banyak murottal yang dipilih (misal karena gak tahu murottal yang enak yang mana, jadi pilih beberapa) berarti semakin besar ukuran software yang diunduh. 

Bagi yang hapalan suratnya sudah banyak, pasti suka kuis melanjutkan ayat. Gak tau sih harusnya nama kuisnya apa, soalnya hapalan saya sendiri juga masih minim hehe. Nah di fitur ini juga ada kuis demikian. Tampilannya seperti berikut :

kuis melanjutkan ayat

Software Ayat ini bisa didownload di sini


TIPS 2
Yang tak kalah penting adalah pemahaman. Bisa menghafal tapi tak paham pun percuma. Jadi pemahaman dan pengulangan harus berjalan sinergis. Biasanya saya mendahulukan memahami, kemudian pengulangan, sehingga dapat berjalan sinergis. Pemahaman ini dapat dilakukan dengan mempelajari arti tiap kata arab dalam tiap ayat. Kalo saya lebih nyaman menggunakan Tafsir Qur'an Per Kata dalam hardcopy hoho. Beli aja di toko buku banyak kok. Tapi kalo yang mau simple dengan softcopy, bisa menggunakan software Syamil Quran. 
Software Syamil Quran bisa diunduh di sini

tafsir Al-Qur'an per kata

TIPS 3
Niat. Hahaha, ini nih yang terkadang sulit. Harus tetap semangat :p Harusnya diletakkan di awal ya hohoho. 

Semoga membantu ya, teman-teman ^^ Mohon koreksinya :)

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Ranting dan Ketidaksempurnaan

The Journeys in 2017

Opini Tentang Depresi