Bersyukur

Fase baru, lembaran baru. 
Bekerja adalah hal yang paling diinginkan bagi yang baru lulus kuliah selain perihal nikah *oops :D
Fase baru ini menyadarkan kita bahwa inilah awal mula fase baru ke 'kehidupan yang sesungguhnya'. 
Secara tidak sadar, ternyata baru ingin memulai saja, sudah ada pelajaran baru, yaitu perihal bersyukur. 

Ketika sama-sama sudah bekerja, lalu pada akhirnya berkutat perihal pentingnya gaji, iri pun kadang datang tanpa diundang. Satu-satunya cara untuk menghilangkannya adalah bersyukur dengan yang didapatkan saat ini dan berbaik sangka kepada Allah. (I'm in progress of learning too). 

Saya jadi teringat beberapa hadist dan ayat-ayat suci Al-Quran tentang bersyukur:

"Sesungguhnya bersyukur akan menambah kenikmatan Allah, dan perbanyaklah doa." (HR Ath-Thabrani)
"Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, "Sesunguhhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azabku sangat berat." (QS. Ibrahim: 7)
"Seorang yang mempunyai ilmu dari Kitab berkata, :Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip." Maka ketika dia (Sulaiman) melihat singgasana itu terletak di hadapannya, dia pun berkata, "Ini termasuk karnuia Tuhanku untuk memgujiku, apakah aku bersyukur atau mengingkari (nikmat-Nya). Barangsiapa bersyukur untuk (kebaikan) diri sendirinya, dan barang siapa ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Mahakaya, Mahamulia." (QS. An-Naml: 40)
"Dan Allah melebihkan sebagian atas kamu atas sebagian yang lain dalam hal rezeki, tetapi orang yang dilebihkan (rezekinya itu) tidak mau memberikan rezekinya kepada para hamba sahaya yang mereka miliki, sehingga mereka sama-sama (merasakan) rezeki itu. Mengapa mereka mengingkari nikmat Allah?" (QS. An-Nahl: 71)
"... Dan Allah memberi rezeki kepada orang yang Dia kehendaki tanpa perhitungan." (QS. Al-Baqarah: 212)
"... Siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya (2), Dan dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barang siapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu." (QS. At-Talaaq: 2-3)



Semangat! Ujian-ujian itu pasti selalu ada
"Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan, "Kami telah beriman," dan mereka tidak diuji?" (QS. Al-Ankabut: 2)



Comments

Popular posts from this blog

The Journeys in 2017

Kisah Ranting dan Ketidaksempurnaan

Opini Tentang Depresi